Wisata Kota Gresik

by Kamis, Agustus 09, 2012 0 komentar
Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang ada di Propinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah utara  kota Surabaya. Jarak Kabupaten Gresik dengan Kota Surabaya +/- 18 Km, waktu tempuh +/- 45 menit.
Kabupaten Gresik memiliki obyek dan daya tarik wisata yang cukup banyak dan potensi untuk dikembangkan, antara lain:
  1. Wisata alam sebanyak 15 obyek yang meliputi: goa, danau, pantai, air terjun dan air panas.
  2. Wisata budaya sebanyak 15 obyek yang meliputi: situs dan purbakala berupa makam dan petilasan.
Obyek-obyek tersebut berada di wilayah daratan dan di wilayah kepulauan Bawean.
Di wilayah daratan obyek dan tarik wisata Pulau Bawean banyak berupa wisata alam.

  • Telaga Ngipik / Giri Wana Tirta
Telaga Ngipik terletak di Kawasan Industri Gresik. Di lokasi ini telah dikembangkan wisata air, pengunjungnya dapat menikmati keindahan panorama dengan menaiki perahu karet mengelilingi telaga. Selain itu pengunjung juga dapat memancing ikan di Giri Wana Tirta ini.
Daya tarik lainnya, telaga Ngipik digunakan juga sebagai tempat latihan ski air, bahkan pernah dijadikan ajang kejuaraan Daerah Ski Air Jawa Timur pada tahun 1999. Fasilitas lain yang tersedia adalah kafetaria dan panggung hiburan rakyat untuk menggelar dan menampilkan berbagai hiburan pada hari-hari tertentu.
Telaga Ngipik terletak sekitar 1,5 Km ke arah barat Alun-alun Kota Gresik
 
  • Pantai Delegan
Pantai Delegan terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, sekitar 3 Km dari ibu kota kecamatan. Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata pantai, lomba perahu atau memancing. Pantai berpasir putih ini setiap bulan Agustus diadakan atraksi wisata berupa perlombaan yang terkait dengan wisata bahari.


  • Air Panas Kebundaya
Terletak di Desa Sawah Mulya Kecamatan Sangkapura dan berada di tengah kota sekitar 200M dari jalan raya sehingga sangat mudah untuk mencapai lokasi.
Daya tariknya adalah air panas kebundaya merupakan sumber air panas alam berkadar belerang yang berguna untuk terapi kebugaran. Tempat ini telah diberdayakan oleh masyarakat dengan membangun tempat mandi umum dan tempat berendam. Banyak orang dari berbagai daerah telah meyakini dan membuktikan bahwa mandi air panas di tempat ini dapat menyembuhkan penyakit rheumatik, penyakit kulit dan lain-lain.
  •  Pantai Terosan
Terletak di sebelah utara Pulau Selayar. Daya tarik untuk menuju tempat tersebut adalah indahnya panorama alam sepanjang jalan. Bisa ditempuh melalui laut dan darat.
Daya tariknya adalah sumber airnya sangat besar dan diyakini bisa menyembuhkan penyakit rheumatic dan penyakit kulit. Dengan keindahan yang dihiasi aneka tumbuhan dan semak-semak serta pohon nyiur, tidak jauh dari tempat itu tersedia pesanggrahan untuk beristirahat. Letaknya sekitar +/- 4 Km.
  • Pulau Selayar
Pulai ini merupakan gunung yang berada di tengah laut, terlepas dengan daratan Pulau Bawean. Daya tariknya adalah bila air laut surut, pelancong bisa berjalan kaki mengelilingi pulau tersebut sambil menikmati terjangan ombak kecil dan desiran angin laut. Sekeliling pulau di tengah laut ini penuh dengan pemandangan batu karang dan semak belukar. Dapat dicapai dengan transportasi laut maupun darat sejauh +/- 4.5 Km.




inilah salah satu obyek wisata di kota Gresik...












Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar