Lagi dan Lagi Budaya Indonesia Dengan Mudahnya Di Klaim Oleh Negara Malaysia.

by Selasa, Juni 19, 2012 2 komentar
Baru-baru ini Indonesia dan Malaysia tengah diramaikan dengan masalah klaim budaya. Pasalnya beberapa budaya Indonesia telah dikalaim Malaysia dan diakui sebagai budaya negeri Jiran tersebut. Beberapa kali ini Malaysia kedapatan mengklaim budaya Indonesia sebagai budaya mereka. Padahal berbagai macam bukti dan arsip menyatakan bahwa budaya tersebut adalah budaya dari Indonesia.

Berikut ini daftar budaya Indonesia yang diklaim oleh Malaysia :

1. BATIK
Batik di klaim Malaysia terhadapa batik membuat pengrajin batik Indonesia resah. Padahal menurut sejarah, batik itu asli milik Indonesia. Agar klaim Malaysia ini bisa teratasi, Indonesia akhirnya mencantumkan batik sebagai Warisan Budaya tak Benda (Intangible Cultural Haritage) di UNESCO.

2.TARI PENDET
Malaysia mengklaim tari pendet sebagai iklam promosi kunjungan ke Malaysia "Visit Malaysia Years". Padahal sudah jelas, tari pendet adalah budaya dari Bali, Indonesia.

3.WAYANG KULIT
Malaysia pernah mengklaim wayang kulit sebagai budayanya. Padahal sudah jelas wayang kulit ini adalah budaya khas Jawa. Pertenjukan wayang kulit telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 27 November 2003, sebagai karya. kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi.

4. ANGKLUNG
Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini juga pernha diklaim oleh Malaysia.

5.REONG PONOROGO
Reong Ponorogo khas Jawa Timur ini pernah heboh lantaran muncul di Negeri Jiran. Namun, pada akhir November 2007, Dubes Malaysia untuk Indonesia Datuk Zanal Abidin Muhammad Zain menyatakan negeranya tidak mengklaim Reog Ponorogo sebagai budayanya.
6.KUDA LUMPING
Kuda Lumping adalah tarian khas Jawa, Indonesia. Namun beberapa kaum Jawa yang pindah ke Singapura juga mewariskan tarian ini pada generasi di Singapura. Namun kuda lumping ini tetap milik budaya Indonesia.

7.KERIS
Keris adalah salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatra, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi.

8.RENDANG PADANG 
RENDANG PADANG adalah makanan khas daerah Padang (Sumatera Barat). Rendang dibuat dari daging sapi atau kerbau yang di masak dengan santan dan rempah-rempah dengan cara direndang selama 5-8 jam.

10. TARI PIRING
Tari Piring ini adalah salah satu seni tari tradisional di Miangkabau yang berasal dari kota solok, provinsi Sumatra Barat.

11. ULOS
Ulos atau kain Ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turung temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatra, Indonesia.

selain itu masih ada lagi budaya-budaya yang di klaim oleh Malaysia seperti
>Lagu RASA SAYANGE
>Lagu SOLERAM dari RIAU
>Lagu INJIT-INJIT SEMUT dari JAMBI
>Lagu ANAK KAMBING SAYA dari NUSA TENGGARA
>Lagu JALI-JALI

dan ini lah berbagai budaya yang pernah di klaim oleh Negeri Jiran, apa kalian rela budaya asli dari Tanah Air kita di ambil oleh orang-orang yang punya rasa manusiawi, lantas bagaimana kita sebagai generasi mudah untuk terus melindungi Budaya kita???

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

2 komentar:

  1. Amin tolong direvisi... untuk nomor 8 : RENDANG PADANG.
    Sebelum menyajikan berita,tolong untuk memahaminya terlebih dahulu. RENDANG PADANG bukan alat musik apalagi dibilang berasal dari jawa barat. RENDANG PADANG adalah makanan khas daerah Padang (Sumatera Barat). Rendang dibuat dari daging sapi atau kerbau yang di masak dengan santan dan rempah2 dengan cara direndang selama 5-8 jam.
    http://www.rendangpadang.com/

    BalasHapus
  2. ok gan mkash atas keritik dan saranya, semoga tidak masih mau berkunjung di blog saya, saya akan refisi... :D

    BalasHapus